site stats Perawatan Miss V Pasca Melahirkan Normal - Rahasia Perempuan

Perawatan Miss V Pasca Melahirkan Normal

Perawatan Miss V Pasca Melahirkan Normal

Perawatan Miss V Pasca Melahirkan Normal – Ibu yang baru melahirkan secara normal, bukan berarti mengabaikan kesehatan organ intimnya. Perawatan miss v menjadi salah satu hal penting yang harus dilakukan usai melahirkan.

Perineum, daerah antara vagina dan anus, umumnya akan dirobek dokter untuk membantu proses persalinan. Alhasil, ada jahitan yang membuat ibu baru sulit untuk duduk, berdiri, atau berjalan. Selain itu, ibu baru mungkin mengalami rasa sakit ketika tertawa, bersin, atau batuk.

Lihat juga

Perawatan miss v pasca melahirkan normal dan perawatan vagina usai jahitan sangat penting untuk mencegah infeksi vagina setelah melahirkan. Infeksi vagina ini bisa menyebabkan banyak komplikasi. Munculnya keputihan, terutama darah bisa meningkatkan kemungkinan infeksi.

Perawatan Miss V Pasca Melahirkan Normal

1. Jaga Kebersihan dan Tetap Kering

Menjaga kebersihan dengan benar. Ganti pembalut sesering mungkin dan menjaga area itu tetap kering.

Cara ini baik untuk menghindari infeksi vagina setelah melahirkan. Gunakan air hangat untuk mencuci daerah intim bisa membantu meringankan rasa sakit dan menghindari pembengkakan.

2. Bukan Tampon, tapi Pembalut

Setelah melahirkan, Anda mungkin mengalami pendarahan yang bisa berlangsung selama dua minggu. Wanita baru melahirkan menggunakan pembalut untuk perawatan vagina setelah melahirkan. Menggunakan tampon berisiko tinggi mengalami infeksi vagina setelah melahirkan.

3. Ice Pack

Apabila Anda merasa sakit dan mengalami pembengkakan di daerah vagina, cobalah menggunakan es atau ice pack. Kompres es di daerah tersebut selama 15 sampai 29 menit. Saat menggunakan es secara langsung, ingat tetap gunakan pakaian tipis di antara kulit dan es.

4. Antiseptik

Kebanyakan dokter menyarankan wanita postpartum menggunakan cairan antiseptik di jahitan. Ini akan membantu untuk mencegah infeksi. Larutkan losion antiseptik dalam air dan basuh vagina atau tuangkan di atas jahitan.

5. Latihan Panggul Dasar

Setelah Anda merasa yakin tak ada masalah dengan jahitan, Anda bisa mencoba memulai latihan dasar panggul. Hal ini akan membantu meningkatkan aliran darah ke vagina dan akan mempercepat proses penyembuhan.

Ini adalah metode yang mudah untuk mencegah infeksi vagina setelah melahirkan.

6. Mencuci dengan Benar

Setelah buang air besar, sangat penting Anda melakukan teknik pembersihan dengan benar di daerah tersebut untuk mencegah infeksi. Selalu basuh dari depan ke belakang, dari uretra ke anus. Ini penting untuk mencegah infeksi vagina setelah melahirkan.

7. Bantuan Medis

Jika Anda merasa ada sakit yang abnormal, bengkak atau cairan berbau pada vagina Anda, jangan terlambat untuk mendapatkan pendapat dari dokter Anda. Kemungkinan besar, hal ini akan terjadi karena infeksi. Diagnosis dini akan membantu untuk memulai perawatan awal. Perawatan Miss V Pasca Melahirkan Normal

Tinggalkan Balasan