site stats Menu Sahur dan Buka Puasa untuk Penderita Maag - Rahasia Perempuan

Menu Sahur dan Buka Puasa untuk Penderita Maag

Menu Sahur dan Buka Puasa untuk Penderita Maag

Menu Sahur dan Buka Puasa untuk Penderita Maag – Menu makanan sahur untuk orang maag memang harus diperhatikan. Sebab orang yang terkena penyakit maag tidak boleh mengonsumsi sembarang makanan, terutama jenis makanan yang dapat memicu naiknya asam lambung.

Sima juga Menu Sahur yang Baik untuk Diet Sehat saat Puasa

Oleh karena itu, penderita maag harus mengetahui apa saja yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi saat sahur dan buka puasa. Pengetahuan ini sangat penting bagi penderita maag agar bisa menjalankan ibadah puasa dengan nyaman. Dengan makanan yang tepat saat sahur maupun berbuka dan benar-benar memperhatikan makanan yang dikonsumsi pada saat sahur agar ibadah puasa yang dijalani tidak ada gangguan.

Menu Sahur dan Buka Puasa untuk Penderita Maag

Berikut kami sajikan beberapa Menu Sahur dan Buka Puasa untuk Penderita Maag yang mungkin menjadi referensi bagi semua

  1. Makanlah makanan tinggi serat yang tidak mengandung gas seperti buah segar dan sayuran. Makanan tinggi serat akan lebih mudah dicerna sehingga tidak membebani sistem pencernaan.
  2. Konsumsi buah kurma. Sebab kurma merupakan buah yang sangat baik bagi pencernaan karena kandungan gulanya kompleks. Kurma juga kaya serat dan mengandung karbohidrat sehingga dapat membuat perut merasa kenyang dan menciptakan energi.
  3. Kacang almond juga cukup baik untuk dimasukkan dalam menu sahur penderita maag. Selain mengandung protein, almond juga kaya akan serat.
  4. Minum banyak air putih secara berkala. Jangan minum sekaligus banyak karena bisa membuat perut jadi kembung.
  5. Jika diperlukan, minumlah obat maag agar sakit maag tidak kambuh ketika puasa.

Makanan yang Harus Dihindari Penderita Maag Saat Sahur

  • Penderita sakit maag harus benar-benar menghindari segala jenis makanan yang dapat memicu gas di lambung. Contoh makanan jenis ini antara lain kol, sawi, nangka, pisang ambon, makanan asam dan buah yang dikeringkan.
  • Orang yang terkena penyakit maag juga harus menghindari segala jenis makanan atau minuman yang mengandung kafein. Makanan dan minuman berkafein akan merangsang keluarnya asam lambung lebih banyak sehingga membuat penyakit maag mudah kambuh. Jenis minuman berkafein antara lain kopi, susu dan teh atau makanan olahan lainnya.
  • Hindari makanan yang mengandung lemak tinggi karena sulit dicerna dan dapat membuat kerja lambung melambat. Menu makan sahur untuk orang maag sebaiknya jangan terlalu banyak lemak. Sebab kadar lemak yang tinggi pada makanan dapat mengacaukan pencernaan. Karena tubuh lebih sulit dalam mengolah lemak menjadi energi, akibatnya tubuh menjadi lebih mudah kelelahan.
  • Makanan pedas juga harus dihindari ketika sahur bagi penderita maag. Sebab makanan jenis ini dapat merusak dinding lambung sehingga memicu rasa perih dan sakit.

Gejala maag memang bisa saja timbul ketika sedang berpuasa. Tapi jika kita menerapkan pola makan yang sehat atau Menu Sahur dan Buka Puasa untuk Penderita Maag, niscaya sakit maag ini bisa dicegah. Dengan menu makanan sahur untuk orang maag di atas, Anda bisa menjalankan puasa dengan nyaman tanpa sakit maag. Menu Sahur dan Buka Puasa untuk Penderita Maag

Tinggalkan Balasan