site stats 6 Cara Membesarkan Anak tanpa Suami - Rahasia Perempuan

6 Cara Membesarkan Anak tanpa Suami

6 Cara Membesarkan Anak tanpa Suami

6 Cara Membesarkan Anak tanpa Suami – Sebenarnya tidak ada perempuan mana pun yang ingin berpisah dengan pasangan, baik bercerai maupun ditinggal meninggal oleh suaminya. Namun, kerapkali hal ini harus dialami, meski menyedihkan. Ketika hal ini terjadi, perempuan harus siap menjadi single mom.

Siapa sih yang ingin mengasuh buah hati sendirian tanpa didampingi pasangan? Tentu tidak ada yang mau. Namun, segala kemungkinan ini bisa terjadi dan menjadi konsekuensi atas keputusan pasangan untuk bercerai maupun karena suami lebih dulu menghadap Sang Pencipta.

Baca juga

Pernikahan dengan komitmen ingin bersatu, membangun rumah tangga bahagia, dan mendidik anak secara bersama-sama di tengah jalan bisa saja tiba-tiba kandas karena kesalahan salah satu pasangan, keduanya, maupun karena ketidakcocokan antarpasangan. Perceraian kemudian menjadi keputusan terbaik bagi keduanya dengan konsekuensi ibu menjadi single mom karena pengasuhan anak-anak berada di tangan ibunya.

Beberapa perempuan memilih untuk menjadi single mom ketika ia mendapati suaminya berselingkuh, mengkhianati pernikahan, hingga berpoligami. Sedih dan kecewa pasti dirasakan oleh setiap perempuan dengan kondisi ini. Rumah tangga yang tadinya harmonis, anak-anak yang tumbuh dengan kasih sayang kedua orangtuanya, tiba-tiba harus karam karena kehadiran perempuan lain dalam hati suami. Tapi bercerai dan menjadi single mom adalah keputusan yang akhirnya menjadi pilihan terbaik bagi mereka.

Lalu ibu menjalani kehidupan bersama anak-anak, entah dengan dukungan materi dari mantan suaminya maupun mencari nafkah sendiri untuk anak-anaknya. Jika sang mantan suami masih memiliki tanggung jawabnya untuk menafkahi anak-anaknya meski sudah tidak terikat hubungan pernikahan, tentu sedikit meringankan ibu. Tapi bagaimana kalau tak ada lagi rasa tanggung jawabnya untuk anak-anak? Sementara kehidupan anak-anak dan pendidikannya harus terus berjalan. Ya, ibulah sebagai orangtua tunggalnya yang akhirnya membesarkan sekaligus mencarikan nafkah.

Tidak mudah memang untuk menjalankan berbagai peran sekaligus, sebagai ibu, sebagai ayah, hingga sebagai pencari nafkah. Tapi bagaimana lagi, itu semua harus dilakoni oleh ibu sebagai orangtua tunggal. Belum lagi dengan cibiran tetangga yang kurang enak terhadap perempuan yang menjalani hidupnya dengan pilihan menjadi single mom ini.

Terlepas dari itu semua, ibu bisa kok menjadi single mom sukses dalam menjalani berbagai perannya sekaligus. Mengasuh, mendidik, dan membesarkan anak jalan, menjadi wanita karier jalan, hingga meredakan cibiran miring tetangga yang tadinya membuat telinga panas. Yuk intip cara membesarkan anak tanpa suami agar menjadi single mom sukses.

6 Cara Membesarkan Anak tanpa Suami

Beri pengertian pada anak-anak

Anda bisa menjelaskan kepada anak jika mereka sudah cukup mengerti, bahwa saat ini ayah mereka tidak tinggal serumah lagi. Berikan pengertian bahwa Anda sangat menyayanginya dan tidak akan pernah meninggalkan mereka. Dengan begitu, anak-anak pun akan merasa tenang, karena ibunya tidak akan meninggalkannya dan mencintainya. Dan ini merupakan cara membesarkan anak tanpa suami yang sangat perlu anda lakukan agar hubungan anak dengan ayahnya ttap terjaga.

Gunakan waktu luang untuk anak

Ketika Anda tak bekerja dan sedang libur, gunakan waktu semaksimal mungkin untuk anak-anak. Ajak mereka jalan-jalan ke tempat yang mereka sukai, begitu pun Anda. Hal ini sangat penting, supaya mereka tidak bosan berdiam diri di rumah dan juga bisa bersenang-senang dengan ibunya. Pikiran pun bisa fresh dengan acara jalan-jalan tersebut sehingga Anda tak merasa sendiri tanpa dampingan suami. Cara membesarkan anak tanpa suami yang kedua ini adalah untuk menghindari kebosan bagi si anak.

Latih anak untuk mandiri

Selanjutnya cara membesarkan anak tanpa suami adalah latih anak untuk mandiri. Sebaiknya, Anda menamkan kemandirian sejak kecil kepada anak-anak. Latih kemandirian kepada mereka pada hal-hal yang sederhana, misalnya membuat susu sendiri, mandi sendiri, makan tanpa disuapi, dan sebagainya. Dengan begitu, anak-anak tidak akan bersikap manja yang akan merepotkan ibunya. Bahkan, saat ia tumbuh besar dan remaja, ia akan lebih mandiri dan tak susah untuk membantu pekerjaan rumah tangga Anda.

Perhatikan penampilan Anda

Menjadi single mom dengan peran yang begitu banyak dan ditanggung sendiri bukan berarti harus melupakan penampilan. Coba bayangkan kalau tubuh Anda tidak terawat, badan mengurus, wajah pucat, dan kulit kusam karena tak pernah dandan. Bagaimana pendapat orang melihat Anda. “Ah Bu A sekarang kurus, pucat, setelah cerai dan urus anak sendirian.” Tentu perkataan orang-orang ini tak ingin terjadi dengan Anda. Justru Anda harus tampil cantik dan berbeda dibanding dahulu. Tampil cantik dengan tubuh terawat akan membuat Anda terlihat lebih muda dan hari-hari pun kian berwarna. Meskipun tidak serta merta berpengaruh sama anak, cara membesarkan anak tanpa suami perlu ada lakukan untuk menghindari cemoohan.

Positif Thinking

Meski Anda kini mendidik dan membesarkan anak sendirian, yakinlah pasti bisa. Dengan begitu, Anda pun kian bersemangat dalam hidup dan juga bekerja untuk mencari nafkah demi anak-anak. Tidak ada yang membatasi Anda untuk melompat lebih tinggi dalam berkarier juga mengembangkan potensi Anda sehingga ekonomi keluarga pun akan tetap tercukupi di tangan Anda sendiri, bahkan lebih baik. Bukankah tidak ada yang tak mungkin dengan terus berusaha dan berdoa? Berpikir positif kuncinya.

Sabar dan tetap ramah

Seringkali Anda mendengar sesuatu yang kurang enak dari kanan kiri Anda menyoal status Anda kini. Terimalah hal itu dengan lapang dada karena memang Anda adalah seorang single mom, hidup tanpa suami dan harus membesarkan anak serta mencari nafkah sendiri. Tidak ada perempuan yang ingin menjalani single mom seperti Anda, termasuk Anda dan juga mereka. Tetap bersikap ramah kepada para tetangga, tidak menutup kemungkinan mereka akan mengerti kondisi Anda dan tidak mencibir kondisi Anda. Cara membesarkan anak tanpa suami.

Siapa bilang Anda tak bisa menjadi single mom yang sukses mendidik dan membesarkan anak-anak? Anda pasti bisa. 6 Cara Membesarkan Anak tanpa Suami

Tinggalkan Balasan